Menggunakan File History untuk Backup dan Restore File di Windows 10

Salah satu fitur bawaan Windows 10 yang bisa kita gunakan untuk melakukan backup dan restore adalah File History. Fitur File History akan membuat backup dari file atau dokumen kita seperti musik, foto, video dan sebagainya secara berkala ke media penyimpanan lain seperti ke network drive atau ke eksternal hardisk.

Ketika file yang asli hilang, rusak atau terhapus maka kita dapat mengembalikannya dari file backup yang telah kita buat tersebut. Lewat menu timeline kita bisa memilih file versi mana yang ingin di-recovery.

Berikut adalah cara Backup dan Restore File menggunakan File History Windows 10 :

1. Cara Backup File Menggunakan File History


Klik tombol More Option, jendela Backup Option akan terbuka, disini secara default akan membackup file-file yang terdapat pada folder My Documents, My Music, My Video dan sebagainya.

Kita bisa langsung membackup file-file tersebut klik tombol Backup Now atau menambahkan folder yang lainnya dengan klik Add Folders. Untuk mengganti media banckup ke tempat yang lain, maka kita harus klik dulu tombol Stop using drive.

2. Cara Restore File Menggunakan File History

Untuk me-restore file yang sudah dibackup, caranya adalah sebagai berikut

Ketik : restore files pada search bar, kemudian pilih Restore your files with File History.

Pada jendela File History, kita bisa memilih folder mana saja yang akan di-restore, kemudian klik tombol Restore. Untuk menyimpan file backup ke tempat yang lain, klik kanan klik kanan tombol Restore, klik Restore to.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *