Mengatasi File Explorer Not Responding di Windows 10

File Explorer yang nge-hang / Not Responding ini terjadi saat membuka jendela File Explorer lewat shortcut Windows Explorer yang terdapat pada taskbar Windows 10. Begitu jendela explorer terbuka, langsung hang, muncul tulisan File Explorer (Not Responding).

Dibawah ini adalah cara yang pernah saya lakukan untuk mengatasi File Explorer yang hang / Not Responding ini.

Membuka File Explorer Lewat Desktop

Jendela file explorer yang hang atau not responding kemungkinan terjadi karena tidak bisa membuka Quick Access, yang menjadi tampilan awal (default) jendela File Explorer, maka untuk membuka File Explorer, kita bisa mengakalinya dengan menggunakan shortcut ke desktop langsung misalnya.

Caranya dengan klik kanan icon File Explorer yang ada di taskbar, kemudian pilih Desktop. Biasanya File explorer akan bisa berfungsi kembali.

Clear File Explorer History

Salah satu cara yang terbukti bisa memperbaiki file explorer yang not responding atau hang adalah dengan cara meng-clear history file explorer

Caranya: Klik tombol Win + S, ketik : File Exporer Option dan klik shortcut tersebut. Kemudian pada jendela Folder Options > Clear File Explorer History klik tombol Clear.

Selain cara diatas, untuk memperbaiki File Exporer yang Not Responding juga bisa dicoba dengan cara install windows update, re-install display adapter atau dengan melakukan restore system.

Share This ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *