Cara Reset / Reinstall Mikrotik Routerboard dengan Netinstall

Netinstall adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk meng-install, upgrade sekaligus me-reset Mikrotik Routerboard. Aplikasi Netinstall ini sangat berguna terutama ketika Mikrotik tidak bisa diakses karena mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh hardisk error atau kesalahan ketika upgrade atau downgrade Router OS atau ketika me-restore file backup.

Dengan menggunakan aplikasi Netinstall maka seluruh konfigurasi dan data yang terdapat pada Mikrotik Routerboard seperti file backup akan ikut terformat dan terhapus dari RouterBoard.

Dalam tutorial berikut ini saya akan menggunakan Netinstall untuk me-reset Mikrotik CCR1009-8G-1S-1S+

Cara Reset / Reinstall Mikrotik Routerboard dengan Netinstall

Download terlebih dahulu program netinstall dan router os dalam bentuk .npk file di http://www.mikrotik.com/download

Masih di halaman yang sama, scroll ke bawah dan download RouterOS Main package, disini terdapat tiga pilihan versi yaitu Long-term, Stable dan Beta/Testing. Download yang versi long-term atau stable, dalam contoh ini saya mendownload package mendowload file routeros-tile-6.45.6.npk karena saya menggunakan Mikrotik model CCR.

Seting IP Address komputer – LAN Interface yang akan dihubungkan ke Mikrotik, misalnya dengan IP seperti dibawah:

Jalankan aplikasi Netinstall seperti pada gambar dibawah, kemudian klik Browse pilih file main package yang sudah kita download sebelumnya.

Klik tombol Net booting, aktifkan server boot-nya dengan mencentang Boot Server enabled dan isi Client IP address dengan IP yang satu jaringan dengan IP komputer, misalnya pada contoh dibawah adalah 192.168.88.3 Klik OK

Hidupkan Mikrotik RouterBoard, dan hubungkan port 1 atau port yang ada tanda Boot (untuk Mikrotik CCR1009-8G-1S-1S+ hubungkan port 8) ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel LAN.

Reset RouterBoard dengan cara tekan tombol reset dengan lidi atau sejenisnya, cabut power supply routerboard, kemudian masukan lagi dengan tetap menahan tombol reset, tunggu kira-kira 30 detik sampai routerboard terdeteksi dan muncul pada bagian Routers/Drives aplikasi Netinstall.

Untuk Mikrotik CCR1009-8G-1S-1S+ tahan tombol reset sampai muncul Etherboot pada display LCD, kurang lebih 15 detik dan di jendela Netinstall terdeteksi Mikrotik CCR1009-8G-1S-1S+ seperti terlihat pada gambar dibawah.

Klik CCR1009-8G-1S-1S+ pada jendela Routers/Drives , kemudian pilih Packages routeros-tile 6.45.6 seperti pada gambar diatas dan klik tombol Install sampai muncul pesan Installation finished successfully.

Reset Mikrotik menggunakan Netinstall telah selesai, selanjutnya login ke Mikrotik dan upgrade firmwarenya dengan cara klik System – Routerboard – Upgrade.

Demikian cara reset atau reinstall Mikrotik RouterBoard dengan menggunakan aplikasi Netinstall. Dengan menggunakan prosedur Netinstall ini biasanya Mikrotik RouterBoard yang tidak bisa diakses akan kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *