Cara Mem-bypass Password Administrator di Windows 10 (Apabila Hilang atau Lupa)

Dalam sistem operasi Windows, terdapat beberapa tingkatan akses user (user privilege), dimana user Administrator (bawaan Windows) dan user dengan grup Administrators merupakan tingkatan tertinggi yang bisa mengubah konfigurasi / setingan Windows. Lalu bagaimana kalau profile Administrator tersebut rusak atau kita lupa password user Administrator tersebut sehingga tidak bisa login atau melakukan perubahan konfigurasi pada sistem?

Dalam tips berikut akan dijelaskan tentang cara mem-bypass Password Administrator di Windows 10, yaitu dengan cara membuat user baru setingkat Administrator (grup Administrators) kemudian login dengan user baru tersebut tanpa me-reset Password Administrator yang sudah ada.

Perlu diketahui bahwa saat Anda mereset password Windows, maka semua file yang telah dikompresi / dienkripsi menggunakan tool seperti Encrypting File Systems (EFS) akan hilang.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana caranya membuat user Administrators baru tersebut? Dalam panduan ini kita akan menggunakan trik Sticky Keys yang bisa kita akses pada login screen windows 10.

Sticky Keys memungkinkan pengguna untuk memasukkan kombinasi tombol dengan menekan tombol secara berurutan daripada secara bersamaan. Contohnya adalah apabila kita biasa menekan tombol CTRL + C secara bersama bersama-sama, maka dengan Sticky Keys nantinya kita bisa mengaktifkan perintah copy ini dengan menekan tombol CTRL dulu baru kemudian menekan tombol C.

Meskipun metode mengaktifkan Sticky Keys ini bisa membantu menyederhanakan berbagai tugas, tetapi file sistemnya dapat diganti. Kita bisa mengganti file sistem yaitu sethc.exe dengan file cmd.exe – Command Prompt, dan kemudian menggunakan perintah-perintah dalam Command Prompt tersebut untuk membuat perubahan sistem, seperti yang akan kita coba yaitu membuat user Administrator baru.

Untuk membuat user Administrator baru ini kita membutuhkan bantuan DVD / USB Installer Windows 10 atau Windows PE.

  1. Hidupkan komputer dan pilih untuk boot dari Installer DVD/USB Installer, kemudian pilih Repair your computer
  2. Ikuti petunjuknya pilih Troubleshoot pilih Advanced options dan pilih Command Prompt

  3. Setelah jendela Command Prompt muncul ketik perintah berikut untuk membuat backup file sethc.exe:
    copy C:\Windows\system32\sethc.exe C
  4. Kemudian ketik perintah selanjutnya untuk mengganti (overwrite) file sethc.exe dengan cmd.exe:
    copy /y C:\Windows\system32\cmd.exe C:\windows\system32\sethc.exe
  5. Restart komputer dan cabut DVD Installer. Saat sudah tampil login screen, tekan tombol SHIFT 5 kali, maka sekarang yang muncul adalah jendela Command Prompt, kemudian ketik perintah berikut untuk membuat user Administrators baru (dengan nama pcnetlabs tanpa password):
    net user pcnetlabs /add
    net localgroup administrators pcnetlabs /add

  6. Restart kembali komputer, kemudian login dengan user baru tersebut.

Setelah berhasil login jangan lupa untuk me-restore file sethc.exe yang telah dibuat ke lokasi aslinya.

sumber: https://www.top-password.com/guide/bypass-windows-password.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *