PCNet LabsLabsCara Install Cacti di Windows 10

Cara Install Cacti di Windows 10

Cacti adalah aplikasi open source berbasis web yang digunakan untuk monitoring performance dan penggunaan resource suatu device. Dengan Cacti kita bisa menampilkan statistik pemakaian resource seperti CPU, memory, disk, uptime dan juga penggunaan bandwidth server, router, switch dan perangkat jaringan lainnya. Dalam bahasan kali ini kita akan mencoba untuk meng-install Cacti di Windows 10.

1. Apa Itu Cacti

Cacti adalah frontend lengkap untuk RRDTool (data logging and graphing system) yang digunakan untuk memantau, menyimpan serta menyajikan statistik jaringan dan sistem / server. RRDtool ini adalah program yang dibuat oleh Tobi Oeticker yang sebelumnya telah membuat aplikasi yang terkenal yaitu MRTG (Multi Router Traffic Grapher). Cacti menyimpan semua informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengisinya dengan data didalam database MySQL. Hampir semua fungsi Cacti dapat dikonfigurasi ulang melalui Web.

Prinsip Dasar Cara Kerja Cacti

Cara Kerja Cacti dapat dibagi menjadi tiga tugas yang berbeda, yaitu Data Retrieval, Data Storage dan Data Presentation

Prinsip Cara Kerja Cacti
  1. Data Retrieval
    Tugas pertama adalah mengambil data. Cacti akan melakukannya menggunakan Poller-nya. Poller dieksekusi dari fasilitas penjadwalan yang terdapat pada sistem operasi. Untuk mengambil data dari device, Cacti akan menggunakan SNMP. Dengan demikian, semua perangkat yang mampu menggunakan SNMP akan memenuhi syarat untuk dimonitor oleh Cacti.
  2. Data Storage
    Cacti menggunakan RRDTool untuk menyimpan data. RRD adalah singkatan untuk Round Robin Database. RRD adalah sistem untuk menyimpan dan menampilkan data sesuai urutan waktu (mis. Bandwidth jaringan, suhu ruang mesin, rata-rata beban server).
  3. Data Presentation
    Salah satu fitur berharga dari RRDTool adalah fungsi grafik bawaan yang berguna saat digabungkan dengan web server. Sehingga dimungkinkan untuk mengakses grafik dari berbagai browser yang tersedia.

2. Aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Cacti

Untuk menjalankan Cacti di Windows 10 ada beberapa software yang harus kita siapkan pada sistem komputer kita yaitu :

  1. Apache berfungsi sebagai Web Server
  2. Cacti
  3. Spine
  4. RRDTool
  5. PHP 5.x
  6. MySQL 5.x
  7. (Optional) Cygwin
  8. (Optional) Net-SNMP

Download Cacti Installer Full Package

Untuk memudahkan Instalasi kita Download saja Cacti Installer yang didalamnya sudah tersedia semua paket yang dibutuhkan. Download Cacti Installer disini, pilih Cacti-1.2.5.exe.

3. Step by Step Install Cacti di Windows 10

Menginstal Cacti di Windows 10 lewat file installer ini ada 2 tahapan, yaitu pertama menginstall dan konfigurasi komponenen-komponen yang dibutuhkan, kemudian baru meng-install dan konfigurasi aplikasi Cacti yang utama. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Double klik file Cacti-1.2.5.exe , tampilan awal langkah instalasi

  2. Klik Next dan akan tampil jendela berikutnya

4. Menjalankan Cacti untuk Monitoring Trafik Jaringan

Sumber:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments