6 Penyebab Utama Kerusakan Hardisk berikut Solusinya

Hardisk merupakan komponen yang paling berharga dalam sistem komputer, hal ini disebabkan karena dalam hardisk inilah sistem operasi dan data-data kita disimpan. Oleh karena itu sebaiknya kita mengetahui beberapa penyebab kerusakan hardisk yang paling sering terjadi sehingga kita bisa mengantisipasinya.

Berikut ini ini adalah 6 Faktor Penyebab Utama Terjadinya Kerusakan Pada Hardisk berikut Solusinya.

  1. Faktor kelistrikan, seperti power listrik yang tiba-tiba mati sehingga komputer dimatikan tanpa perintah shutdown, tegangan listrik yang tidak stabil, misalnya tegangan listrik yang tiba-tiba naik saat ada petir.
    Solusi:
    Gunakan UPS (Uninteruptable Poser Supply)
  2. Kelalaian pengguna, seperti misalnya kesalahan dalam menyimpan dan membawa hardisk, hardisk yang terjatuh, terbentur atau terkena goncangan yang berlebihan.
    Solusi:
    Hindari menyentuh bagian PCB Hardisk,
    Simpan Hardisk dalam wadah Anti Statis
    Gunakan wadah yang tahan goncangan apabila akan membawa hardisk
  3. Kondisi disekitar hardisk yang menyebabkan hardisk overheat misalnya kipas CPU yang tidak berfungsi sehingga tidak ada sirkulasi udara dalam chasing. Atau kondisi ruangan tempat menyimpan komputer yang panas atau berdebu.
    Solusi:
    Jaga kebersihan dan suhu disekitar hardisk
  4. Supply tegangan yang tidak stabil, misalnya karena kerusakan Power Supply atau karena konektor power hardisk yang sudah longgar.
    Solusi:
    Pastikan Power Supply dan pengkabelan hardisk dalam kondisi baik
  5. Faktor software, seperti adanya virus, sering install dan uninstall aplikasi, hardisk biasa dijadikan data sharing yang bisa diakses oleh banyak user dan lain sebagainya.
    Solusi:
    Bersihkan Hardisk dari file yang tidak digunakan
    Defrag hardisk secara teratur
    Scan secara teratur dengan Antivirus
  6. Faktor life time, sama seperti komponen hardware lainnya, semakin lama hardisk dioperasikan maka kinerja hardisk tersebut akan semakin menurun.
    Solusi:
    Cek lifetime hardisk
    Siapkan hardisk baru

Itulah beberapa penyebab kerusakan yang paling sering terjadi pada hardisk dan solusinya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada artikel selanjutnya tentang 10 Cara Mudah Merawat Hardisk.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *